Monday, August 6, 2018

Kerupuk rambak kulit asli



Kerupuk rambak kulit asli ialah kerupuk yang dihasilkan dari bahan dasar kulit ternak (sapi, kerbau, kambing, kelinci, cakar ayam atau ikan) melaui tahap seleksi bahan, pencucian, perendaman (soaking) (jika berasal dari kulit awetan/kulit kering), pengapuran (liming), membuang kapur (deliming), perebusan (boiling), pemotongan, perendaman dalam bumbu, pengeringan, penggorengan (frying) dan pengemasan. Beberapa hal yang harus dilihat dalam mengolah dan mengkonsumsi kerupuk rambak kulit asli, antara lain kandungan gizi dan bahan baku dan bahan tambahannya
Beberapa industri pengolahan kerupuk rambak kulit asli skalanya masih Industri Rumah Tangga (IRT). Industri kerupuk rambak kulit asli banyak ditemui di Jawa Timur (Tempat Sentra industry kerupuk rambak Desa Kauman Kecamatan Bangsal Mojokerto, Sidoarjo,Jember, Tulungagung), Jawa Tengah (Kendal, Pati, Sleman Jogya, Gunung Kidul, Purworejo, Boyolali), Jawa Barat (Garut ). Kendala utama dalam usaha kerupuk rambak kulit asli ialah pemenuhan bahan baku utamanya ialah kulit. Kulit kerbau lebih susah diperoleh ketimbang kulit sapi namun kulit kerbau lebih mudah dalam cara kerja pengelupasan/pengerokan bulu. Kebijakan impor daging berupa daging beku tanpa tulang dan kulit dari negara Australia, New Zealand dan Amerika menyebabkan kulit sapi lokal yang bagus dipakai untuk industri penyamakan kulit untuk sepatu, tas dan jaket kulit untuk bahan baku kerupuk rambak menjadi susah diperoleh, pun sebagian industri kerupuk kulit rambak asli di Jember terpaksa menghentikan produksinya. Permintaan bahan baku berupa kulit kerbau sebesar berton-ton /  bulan di perusahaan kerupuk rambak kulit sapi asli sumber barokah Bekasi jawa barat.

Meraup Keuntungan dari Limbah Kulit Sapi


Meraup Keuntungan dari Limbah Kulit Sapi

Limbah kulit sapi dan kulit kerbau dapat di produksi menjadi suatu makanan khas dan dapat menciptakan profit yang lumayan besar.
Kulit sapi dan kulit kerbau dari rumah pemotongan hewan lazimnya sukar untuk dipasarkan, dan selama ini hanya diketahui sebagai bahan membuat Bedug untuk mesjid dan surau. Tetapi bagi warga di Bekasi Jawa Barat tidaklah demikian. Kulit sapi dan kulit kerbau dapat diproduksi menjadi makanan khas, ialah kerupuk rambak.
Kerupuk rambak kulit sapi dan kulit kerbau yang diproduksi sejumlah industri rumah tangga di Bekasi, amat layak untuk hidangan komplemen di meja makan. Tak heran, kerupuk yang bercita rasa gurih. Denny ialah salah satu pengusaha kerupuk yang mengais rezeki dari kerupuk kulit. Dengan bendera Sumber Barokah, Denny terus melebarkan sayapnya
Untuk membuat kerupuk rambak diperlukan cara kerja selama 10 hari. Diawali dari membeli kulit sapi atau kulit kerbau dari sejumlah pengepul. Kulit hewan itu kemudian direbus, sesudah itu dipotong kecil-kecil, lalu dikeringkan dengan sinar matahari, dioven, dikeringkan dengan matahari lagi, kemudian digoreng dengan minyak sayur.
Denny dapat menggoreng sekitar 750 buah kerupuk per hari. Keuntungan dari usaha ini cukup menggiurkan, ialah menempuh 50% lebih dari modal yang dikeluarkan. Contohnya jika membeli kulit sapi seberat 10 kg seharga Rp310 ribu, sesudah diolah dan menjadi kerupuk matang akan laku dipasarkan kurang lebih Rp1 juta.
Kerupuk Rambak Sumber Barokah, Rasanya Lebih Gurih dan Renyah
Kerupuk rambak berbahan dasar kulit sapi atau kerbau memang ada di sejumlah daerah di Indonesia. Tetapi kerupuk rambak khas bekasi, Jawa Barat, rasanya lebih gurih dan tak membuat tenggorokan sakit.
Denny ialah pengusaha kerupuk rambak di Kranji Bekasi Jawa Barat mengatakan sampai kini ada puluhan produsen kerupuk rambak di kampungnya. Rata-rata masih saudara.
Berdasarkan Denny, cara kerja pembuatan kerupuk rambak tergolong rumit karena butuh waktu lama. Pemilihan bahan baku berupa kulit kerbau berkwalitas menciptakan kerupuk rambak lebih gurih dan renyah diperbandingkan produksi dari daerah lain. "Cara penggorengan juga lewat tiga tahap, pertama menggoreng untuk melembekkan kulit, kedua untuk memekarkan kulit, dan terakhir supaya rambak dapat mengembang total,

Kendala Usaha Kerupuk Kulit Rambak Asli

Kendala Usaha Kerupuk Kulit Rambak Asli
Kendala yang dihadapi pengusaha ketika ini ialah mendapatkan bahan baku yang bagus. Pasalnya selama ini bahan baku mengambil dari beragam daerah di Indonesia seperti Cirebon, Surabaya, Bekasi dan daerah lainnya.. Omzet dalam satu bulan pengusaha kerupuk rambak ini dapat menempuh Rp500 juta-1 Milyar per bulan.
Kerupuk rambak kulit Sapi Sumber Barokah Bekasi memang berbeda dengan daerah lain. Selain mempunyai rasa lebih gurih dan renyah, kerupuk rambak ini paling banyak dicari pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya.
Salah satu penikmat kerupuk mengatakan, kerupuk rambak Sumber Barokah Bekasi ini lebih renyah dan gurih."Sekiranya dinikmati tak membuat tenggorokan kering atau gatal karena bahan yang dipakai ialah kulit sapi opsi, Kerupuk rambak Sumber Barokah dipasarkan bervariasi menurut beratnya.

Bagaimana cara membuat kerupuk kulit?
Kerupuk kulit sebagian daerah menyebutnya rambak atau jangek ialah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang diolah dengan diberi bumbu rempah dan penambah rasa
Bahan
·         1 kg kulit sapi
·         Air kapur secukupnya
·         Minyak goring
·         15 siung bawang putih
·         2 sendok makan gula pasir
·         3 sendok makan garam
Sistem membuat
1.      Terutamanya dahulu kulit sapi direndam ke dalam air kapur selama kurang lebih 2 hari. Lalu bersihkan bulu-bulunya kulit sapi menerapkan pisau.
2.      Jemur kulit sapi hal yang demikian dibawah sinar matahari seketika sampai kering. Kemudian potong-potong kulit sapi yang telah kering layak selera. Sisihkan.
3.      Rebus potongan kulit sapi bersama bumbu yang telah dihaluskan sampai kulit matang. Angkat dan tiriskan. Kemudian jemur sampai benar-benar kering.
4.      Siapkan penggorengan untuk tahap pertama. Goreng kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak kering dalam minyak dengan suhu sedang dan menerapkan api kecil sampai kerupuk kulit sapi agak mekar. Angkat dan tiriskan.
5.      Siapkan penggorengan tahap kedua. Goreng kembali kerupuk kulit sapi tadi dalam minyak panas menerapkan api besar sampai kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak mekar. Angkat dan tiriskan. Biarkan dingin.
6.      Sesudah kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak dingin masukkan dalam wadah yang tertutup rapat.
7.      Kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak siap disampaikan.


Untuk Pemesanan Kerupuk Rambak Silahkan menghubungi pak Rahmat 0812-8113-5665

No comments:

Post a Comment