Monday, August 6, 2018

Membedakan Kerupuk Kulit Sapi dan Kerupuk Kulit Berbahan Kulit Limbah



Membedakan Kerupuk Kulit Sapi dan Kerupuk Kulit Berbahan Kulit Limbah

Kerupuk kulit rambak sapi ialah salah satu camilan yang tak asing lagi di alat pendengar dan lidah warga Indonesia. Kerupuk kulit rambak sapi ialah makanan tambahan sebagai komplemen dalam menu berat. Tak jarang kerupuk dapat dihasilkan camilan yang sedap di kala luang. Kerupuk kulit rambak sapi dapat terbuat dari kulit sapi. Rasanya yang renyah dan sedap tentu menjadi sahabat makan yang setia.
Tak heran banyak yang menyukai kerupuk kulit rambak sapi. Cita rasanya memang amat lezat karena terbuat dari kulit hewan. Kesudahannya, ada rasa gurih yang diselimuti tekstur berminyak nan kaya. Kulit memang mempunyai kandungan lemak dan minyaknya tersendiri.

Membedakan Kerupuk Kulit Sapi dan Kerupuk Kulit Berbahan Kulit Limbah


Kerupuk kulit dari limbah
Kerupuk Rambak sapi ialah komponen kulit sapi yang dijemur sampai kering kemudian digoreng sampai mengembang. Bentuknya khas, ialah menggembung seperti balon dengan komponen tengah bersekat dan berongga. Tiap digigit akan terasa kerenyahan yang total dengan sensasi rasa gurih asin dan bebauan kulit sapi yang menggoda.
Kerupuk Kulit Sapi mempunyai ciri berbentuk kotak persegi berukuran kecil sehingga mudah disantap siapa saja. Bentuknya yang kecil juga mempunyai profit, ialah sari dan kelezatan kulit sapi akan terkunci total. Membikin di tiap-tiap gigitannya anda akan mendapatkan ledakan rasa sedap yang memenuhi segala mulut.
Sayangnya, banyak produsen badung yang menjual barang tiruan dengan bahan lain selain dari kulit hewan. Dengan tujuan mengeruk profit yang besar, kerupuk kulit palsu terbuat dari sisa limbah kulit bekas industri sepatu, tas atau jaket. Sisa kulit ini bukan kulit umum, namun telah terkena cara kerja penyamakan. Sisa kulit ini telah tercampur dengan sejumlah bahan kimia berbahaya dan jika kita konsumsi dapat menyebabkan kanker pun dapat menyebabkan kematian.
Dengan segala nalar bulus produsen, mereka juga dapat membuat kerupuk kulit dengan bahan utama dari kulit hewan, namun dengan campuran bahan kimia H202 dan tawas sebagai zat tambahan supaya kerupuk nampak mekar ketika digoreng. Hampir 90% bahan kimia terdapat pada kerupuk rambak kulit karena harga bahan dasarnya jauh lebih murah.
H202 dan tawas yang dikonsumsi akan menimbulkan efek kepikunan dan berimbas pada kulit. Kulit menjadi kusam, kering dan pucat. Selain itu tawas juga dapat menyebabkan gangguan ginjal dan fungsi hati.
Kami pribadi hanya menerapkan kulit sapi opsi yang telah terjamin bersih dari kotoran dan penyakit. Tiap prosesnya bagus ketika penjemuran, penggorengan, sampai pengemasan dijalankan dengan seksama dan higienis untuk menentukan produk ini aman dikonsumsi siapa saja.
Lalu bagaimana cara kerja pembuatan kerupuk kulit yang benar, serta kiat bagaimana cara membedakan kerupuk kulit sapi dengan kerupuk kulit bahan limbah. Mari kita pelajari lebih lanjut.


Proses pembuatan kerupuk kulit sapi

Tahap paling susah dalam pembuatan kerupuk kulit sapi ialah pada ketika mencari bahan kulit sapi yang segar dan bagus, bukan ketika cara kerja pembuatan kerupuk. Sekiranya gagal dalam mencari bahan kulit sapi yang segar dan bagus, karenanya akan gagal dalam pembuatan kerupuk kulit
Pertama-tama kulit sapi disasak-sakak terpenting dahulu, dikerok bulunya, lalu direbus, kemudian dibersihkan lagi, lalu dicacah menjadi ukuran kecil seperti dadu. Sesudah dicacah, kulit sapi dijemur di terik matahari sampai kering. Sesudah kering, kerupuk dimasak-sebagian kali di tungku yang besar, lazimnya empat sampai enam kali cara kerja pemasakan. Atau istilah lainnya ialah dilapuh sampai kulit sapi mengeras. Sekiranya telah mengeras, kulit sapi ditiriskan. Sesudah itu, kerupuk kulit sapi siap digoreng sampai mekar dan jadilah kerupuk kulit sapi.

Cara membedakan kerupuk kulit asli dan kerupuk kulit palsu


Cara membedakan kerupuk kulit asli dan kerupuk kulit palsu
Berikut ialah kiat supaya kita lebih mudah membedakan kerupuk kulit sapi dengan kerupuk kulit limbah, diantaranya ialah:
Kerupuk Kulit Asli
-          Permukaan kulit kasar dan berpori-pori
-          Warna agak gelap kecoklatan
-          Tak terasa berbau atau aneh ketika dikonsumsi
-          Nyaman di tenggorokan
-          Digoreng akan mekar

Kerupuk Kulit Palsu
-          Permukaan kulit cenderung halus/licin
-          Warna kerupuk lebih terang berkilau karena mengandung bahan kimia
-          Terasa bau bahan sintetis atau bahan kimiawi ketika dikonsumsi
-          Tenggorokan terasa gatal dan nyeri sesudah mengkonsumsinya
-          Tak mekar ketika digoreng, selain menerapkan campuran tawas tadi

Kiat Mendapat Kerupuk Kulit Asli
Tak segala pedagang atau produsen berlaku curang dan tak jujur. Ada banyak pedagang yang masih memproduksi kerupuk kulit dengan cara yang benar dan pas. Kiat mendapatkan kerupuk kulit yang Asli ialah:
Amati packagingnya, jika dibungkus dengan bagus dan bagus tentu akan dipasarkan dengan serius
Belilah di daerah resmi seperti supermarket atau agen kerupuk besar
Kerupuk Asli lazimnya mempunyai harga yang normal, tak terlalu murah
Lihatlah nomor register produknya yang ditandai dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), sehingga telah teruji



Sistem Menggoreng Kerupuk Rambak sapi supaya mengembang
1. Siapkan kerupuk Kulit sapi mentah
2 Siapkan dua buah wajan. Satu wajan dengan api kecil/ sedang meskipun satunya lagi dengan api besar
3 goreng kerupuk kulit sapi ke dalam wajan dengan api sedang sampai sedikit mengembang, lalu pindahkan ke dalam wajan dengan api panas supaya kerupuk mekar, kemudian angkat dan tiriskan.
4 kerupuk kulit sapi yang telah ditiriskan sebelumnya di atas kertas koran guna menghilangkan kadar minyak yang berlebihan.
5 Letakan dalam wadah yang tertutup rapat. Bisa dalam toples ataupun dalam wadah yang mempunyai tutup yang rapat.
Di beragam daerah, kerupuk kulit sapi ini amat diminati oleh masyarakat. Selain karena rasanya yang sedap, kerupuk kulit sapi ini juga dapat di jadikan sebagai cemilan yang amat lezat. Banyak daerah oleh - oleh, terpenting di daerah jawa timur yang menawarkan kerupuk rambak sebagai makanan khas untuk di bawa pulang. Penemuan dalam memasak dan kreativitas dalam mengolah kerupuk ini dapat di jadikan sebagai skor lebih jika ingin mengawali bisnis olahan kerupuk kulit ini. Masih ada banyak Peluang dalam bisnis kerupuk ini. Mengingat kerupuk ialah makanan favorit sebagai komplemen di kala bersantap.

Untuk pemesanan kerupuk kulit sapi dapat menghubungi pak Rahmat 0812-8113-5665

2 comments:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete
  2. Kulit memang mempunyai kandungan lemak dan minyaknya tersendiri? Tel U

    ReplyDelete